Home / Kesehatan / Manfaat Sehat Miliki Hewan Peliharaan
binatang peliharaan

Manfaat Sehat Miliki Hewan Peliharaan

Psikolog keluarga dan anak, Sani B. Hermawan,Psi bersama Dokter Hewan, Nyoman Sakyarsih mengutarakan manfaat  dari memelihara hewan bagi keluarga. Menurut mereka, dengan pelihara hewan akan memiliki sisi sehat bagi yang merawatnya.

Psikolog keluarga dan anak, Sani B. Hermawan menjelaskan, “Dalam hubungan dengan anggota keluarga bahkan dapat meningkatkan ikatan emosional antara orangtua dan anak. Hewan peliharaan seperti kucing akan dianggap sebagai bagian anggota keluarga yang dapat membangun afeksi sehingga memunculkan sikap care, empati dan ikatan kuat dalam membagi peranan antara anggota keluarga. Tentunya dalam membagi peran perlu disesuaikan dengan usia anak,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sani menambahkan, Menurut penelitian dari Journal of Personality and Social Psychology yang berjudul Creature Comforts: An Exploration of Pet Owners and Their Experiences of Welbeing Gained Through Their Relationship with Their Companions Animal, memelihara kucing bisa meningkatkan selfesteem yang tinggi dibandingkan anak yang tidak memelihara hewan peliharaan. Hal ini karena ia merasa bertanggung jawab akan peliharaannya, lebih ekspresif dan merasakan kebahagiaan.

Sedangkan Dokter Hewan, Nyoman Sakyarsih yang juga pendiri klinik hewan Pet Smile ini menjelaskan bahwa ketika seorang anak menyentuh bulu halus kucing, maka akan tertransfer banyak emosi yang positif, dimana hal ini bisa membangun kedekatan, rasa peduli dengan sesama makhluk dan meningkatkan ketenangan jiwa.

Lebih lanjut, selain membuat Anda terhindar dari risiko merasa kesepian, menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan memberikan 3 manfaat sehat bagi pemiliknya.

Bisa menurunkan hormon stres
Ketika Anda sedang memanjakan hewan peliharaan, ia bukan satu-satunya yang mendapatkan rasa tenang lewat usapan lembut Anda dari kepala hingga ekornya. namun, Anda pun akan merasakan ketenangan.

Menurut Sandra Barker PhD, direktur Pusat Interaksi Manusia-Hewan di Virginia Commonwealth University School of Medicine, bergaul dengan kucing setelah mengalami tekanan berat bisa membantu Anda mengurangi hormon stres kortisol. Selain itu, bermain dengan anjing juga dapat meningkatkan oksitosin, yaitu hormon dengan efek anti-stres.

Stabilkan tekanan darah Anda
Lynne T. Braun PhD, profesor keperawatan di Rush University di Chicago menjelaskan bahwa Stres merupakan salah satu pemicu utama yang dapat mempercepat detak jantung dan naiknya tekanan darah. Dan kehadiran hewan peliharaan bisa menawarkan relaksasi unik bagi para pemiliknya. Bahkan, satu studi di Australia menunjukkan, bahwa pemilik hewan peliharaan memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak memilikinya.

Memudahkan Anda mencari solusi
Debra F. Horwitz, DVM, seorang behavioris hewan bersertifikat menjelaskan bahwa hewan peliharaan memberi kita kesempatan untuk menjangkau sesuatu di luar kemampuan diri. Jadi, setiap kali Anda merasa sangat stres, ajaklah anjing Anda berkeliling selama 10 menit. Melihat anjing Anda menghargai hal-hal kecil di sekitarnya, akan membantu Anda melakukannya juga, sehingga hati lebih tenang dan pikiran lebih terbuka. Oleh karena itu, hewan peliharaan di rumah kita dapat membantu mengolah pikiran dalam satu perspektif dan memunculkan solusi dari permasalahan yang dihadapi. (*)

 

About simpang5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *