Home / Jalan-Jalan / Ngedrift di Lintasan Gokart
Gokart semarang

Ngedrift di Lintasan Gokart

Adu skill di atas lintasan gokart bisa menjadi pilihan untuk melepas kepenatan dari aktifitas sehari-hari. Tidak perlu khawatir soal faktor keselamatan, meski bisa melaju di atas 100 kilometer per jam, namun kecepatannya dibatasi sebab penggunaannya bukan untuk balapan, hanya untuk having fun.

Ada beberapa arena yang menawarkan permainan gokart, salah satunya Speedway Marina Semarang. Terletak di Jalan Marina Boulevard Kav 88 Kawasan Marina Puri Anjasmoro Semarang. Ada 12 unit gokart masing-masing dibekali mesin 200 cc, yang siap membawa kita melintasi arena balap sepanjang 700 meter yang dibangun di atas lahan sekitar 2.500 meter persegi. Tidak perlu skill menyetir ala pembalap untuk bisa menjinakan kendaraan mini roda empat dengan kapasitas mesin rata-rata 200 cc tersebut. Modalnya hanya tekad berani mencobanya.

“Tidak perlu khawatir dengan persoalan keselamatan, sebab rata-rata arena balap gokart sudah memiliki pelindung lintasan. Selain itu kecepatannya juga dibatasi. Pembalap atau pemain gokart juga dilengkapi safety riding mulai dari kaos tangan, helm hingga pakaian khusus,” papar pengelola Speedway Marina Semarang, Rukmana Kanggoana.

Mereka yang tidak bisa menyetir pun bisa mengendarai gokart. Ini tidak terlepas dari pengoperasiannya yang sederhana. Pengguna cukup menginjak gas untuk menambah kecepatan dan pedal rem untuk mengurangi kecepatan. Tidak ada perseneling manual jadi tidak perlu pindah gigi. Semuanya sudah otomatis.

“Semua orang bisa mengendarai gokart, kita tinggal mengarahkan setir, injak gas atau rem. Tidak ada persyaratan khusus untuk bisa bermain gokart, hanya saja ada batas tinggi minimal yang harus dipenuhi yakni 150 cm. Hal tersebut berkaitan dengan jarak antara pedal gas dan tempat duduk atau sumbu roda. Jika tinggi badan kurang, bisa dipastikan jangkauan kaki ke pedal gas dan rem tidak akan sampai, sehingga menyulitkan pengendara mengoperasikan gokart,” lanjutnya.

Serunya, meski bukan untuk adu kecepatan, lintasan balap atau track yang digunakan di Speedway Marina Semarang juga dilapisi floating khusus, bukan cor semen, sehingga memungkinkan saat melintasi arena balap, peserta bisa merasakan sensasi ngedrift layaknya pembalap sungguhan. Rukmana pun memberikan sedikit trik untuk bisa melaju cepat di atas lintasan, yakni kecermatan dalam menggunakan rem dan gas saat berbelok di sebuah tikungan.

“Jika posisinya sesuai, gokart ini bisa meluncur di atas lintasan atau ngedrift tanpa harus mengurangi kecepatan secara penuh. Tidak perlu khawatir kalau kendaraan akan terguling, sebab dengan ketinggian roda hingga bentuk gokart memang mendukung untuk trik tersebut,” paparnya lagi.

Lintasan gokart tidak hanya monopoli untuk kaum laki-laki, para wanita yang ingin mencoba pun bisa. Syaratnya pun sama yang terpenting tinggi minimal 150 cm dan berani mencoba.

“Perempuan pun bisa mencoba gokart. Namun untuk diperhatikan, jika ingin bermain gokart jangan memakai pakaian yang berkibar atau rumbai. Dikhawatirkan bisa terbelit jika pakaian tersebut masuk ke roda,” ungkapnya.

Untuk bisa menikmati serunya bermain gokart, Speedway Marina Semarang mematok tarif Rp 150 ribu untuk pertama kali. Biaya tersebut termasuk lisensi dan bermain gokart selama 5 menit. Pada kesempatan kedua, cukup membayar Rp 75 ribu untuk normal session atau Rp 120 ribu untuk extend session. Meski terdengar hanya sebentar (5 menit), namun dalam rentang waktu tersebut kita bisa melintasi jalur balap hingga 7-8 lap, bahkan jika sudah jago bisa mencapai 10 lap.

Catat jam buka, jangan sampai kecewa saat tiba disana. Speedway Marina Semarang buka setiap hari Selasa-Jumat mulai pukul 15.00 WIB-22.00 WIB sedangkan untuk Sabtu mulai pukul 12.00 WIB-22.00 WIB dan Minggu pukul 09.00 WIB-21.00 WIB.

“Setiap pemain juga akan terdaftar secara online, lewat aplikasi Speedway Marina Semarang yang bisa diunduh di google play atau apple store, mereka akan mendapat informasi tentang gokart hingga mengecek hasil balap yang dilakukan,” tandasnya.

Yuks Belajar Ngedrift

Ngedrift menggunakan gokart memang memberikan sensasi tersendiri. Mobil gokart seakan melayang saat melaju di lintasan sirkuit dalam kondisi menikung. Meski bukan teknik yang mudah, namun bukan berarti tidak bisa dipelajari. Perlu diperhatikan dalam melakukan teknik drift yakni waktu yang tepat untuk menginjak atau melepas pedal gas. Semakin halus pergerakan yang dilakukan, maka sensasi drifting pun kian terasa.

Untuk memulai drifting, posisikan gokart pada tepi luar jalur lintasan dan sebelum mengubah sudut sisi arah, harus tepat dalam menekan pedal rem kemudian melepaskannya. Saat berubah sudut atau belokan kemudian dengan tepat menekan pedal gas dan menjaga roda depan gokart menuju arah yang benar.

“Pada intinya drift adalah seni mengemudi, gunakan perasaan. Kaki kanan kiri memang harus aktif dalam menginjak atau melepas pedas gas dan rem. Semakin sering mencoba, tentu akan semakin pintar,” terang Rukmana.

About simpang5

Check Also

Bertarung Melawan Ikan ‘Monster’ di Laut Dalam

Memancing di laut lepas tidak sekedar hobi untuk melepas lelah hingga menenangkan pikiran dari kegiatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *