Home / Jalan-Jalan / Serunya Eduwisata Bermain Sembari Belajar

Serunya Eduwisata Bermain Sembari Belajar

Siapa bilang berwisata tidak bisa sembari belajar? Jika tidak percaya, coba tengok Eduwisata yang ditawarkan Universitas Negeri Semarang (Unnes). Beragam kegiatan pembelajaran seni budaya, ilmu pengetahuan dan karakter, dipadu dalam sebuah konsep yang fun, menyenangkan dan penuh kegembiraan.

Menurut Adhi Setyanto selaku koordinator Eduwisata, “Eduwisata Unnes merupakan sebuah konsep wisata pendidikan yang kita kembangkan, dengan menawarkan perpaduan wisata dan pembelajaran. Perpaduan ini meliputi pembelajaran ilmu pengetahuan, seni budaya, olahraga hingga pendidikan karakter.”

Makna bermain sembari belajar, benar-benar dilakukan secara nyata di lapangan. Ada empat destinasi Eduwisata yang ditawarkan. Seluruhnya terletak di kampus Unnes, Sekaran, Gunungpati Semarang. Dimulai dari Kampung Budaya di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Omah Keboen di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Sinau Batik di Fakultas Teknik (FT), dan Sport and Health di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK).

Masing-masing destinasi tersebut memiliki ciri khas dan keunggulan, di Kampung Budaya pengunjung akan dilatih untuk belajar bermain musik dan tari. Termasuk belajar bermain gamelan. Selanjutnya destinasi Eduwisata Sinau Batik, masyarakat akan diajak praktik langsung belajar membatik mulai dari proses awal sampai selesai, dan hasil siswa batik bisa dibawa pulang untuk kenang-kenangan.

Sedangkan untuk Sport and Health, selain diberikan pengetahuan dan wawasan tentang olahraga dan kesehatan, pengunjung juga akan diajak untuk belajar beragam permainan olahraga. Diantaranya wood ball, tonnis, golf, aktivitas ritmik hingga physical activity.

Sementara, di Omah Keboen, pengunjung akan diajak bergabung dalam beragam kegiatan bioeduwisata dan outbound. “Kami menawarkan kegiatan yang memadukan pembelajaran dengan wisata, pengunjung akan diajak untuk belajar melalui aktivitas yang dikemas dalam bentuk atraksi wisata. Termasuk dengan berbagai permainan dan kegiatan simulasi yang bersifat menyenangkan,” tambah penanggung jawab Omah Keboen, Margareta Rahayu Ningsih.

Kegiatan ini didukung dengan adanya Kebun Wisata Pendidikan (KWP) dan Laboratorium Biologi Unnes. KWP memiliki koleksi berbagai jenis tanaman mulai dari tanaman langka, tanaman buah hingga tanaman berpotensi khasiat obat. Selain itu juga dilengkapi dengan adanya outbound area, camping ground, Rumah Angrek, Kebun Bibit Kampus (KBK) dan Rumah Penangkaran Kupu-kupu.

Sedangkan Laboratorium Biologi Unnes terdiri dari laboratorium genetika, biologi molekuler, mikrobiologi, biokimia, taksonomi tumbuhan, taksonomi hewan, fisiologi hewan dan tumbuhan, dan berbagai laboratorium lainnya.

“Pengunjung akan diajak untuk ikut serta dalam proses pembibitan hingga menanam tanaman hidroponik, hingga belajar tentang kerajinan tulang daun. Unnes menjadi salah satu pelopor kerajinan tulang daun ini, nantinya peserta ikut mengolah tulang daun ini menjadi sebuah kerajinan tangan. Hasilnya juga bisa dibawa pulang,”pungkasnya.***

About simpang5

Check Also

Gokart semarang

Ngedrift di Lintasan Gokart

Adu skill di atas lintasan gokart bisa menjadi pilihan untuk melepas kepenatan dari aktifitas sehari-hari. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *