Home / Bisnis / Dari Hobi Menjadi Hoki Tampil Menarik dengan Tas Rajut

Dari Hobi Menjadi Hoki Tampil Menarik dengan Tas Rajut

Merajut menjadi salah satu aktivitas yang biasa dikerjakan kaum wanita. Tidak sedikit yang kemudian memanfaatkan hobi tersebut menjadi keberuntungan atau hoki. Lewat kreatifitas, beragam bentuk rajutan pun bisa dihasilkan.

Tidak hanya baju atau syal, dengan menggunakan bahan baku benang nilon, hasil rajutan pun bisa berkembang ke berbagai produk lain. Mulai dari beragam jenis tas, sepatu hingga cover bag handle atau penutup pegangan tas. Hal ini yang coba dibidik wirausaha Enny Bonang, melalui usaha Kawoeng Radjut.

“Sesuai dengan namanya, beragam produk ini dibuat dengan bahan dasar benang nilon yang dirajut. Untuk mempermanis kita beri handle atau pegangan dari bahan kulit. Produknya pun tidak terbatas hanya tas saja. Ada dompet, sepatu hingga cover handle tas,” paparnya.

Usaha yang diawali dari hobi tersebut, kini sudah berkembang ke skala industri rumah tangga. Tercatat setidaknya ada puluhan pengrajin, mulai dari petani hingga ibu rumah tangga, yang membantunya dalam pembuatan tas rajut. Diterangkan, produk rajutan tersebut merupakan salah hasil pendampingan UMKM.

Enny menuturkan, bahan dasar dari aneka rajut tersebut berupa benang nilon berkualitas, dengan dalaman tas seperti puring dan kulit sapi asli. “Rata-rata pembuatan produk tas rajut membutuhkan waktu hingga satu minggu. Namun kalau ada desain dari pembeli, disesuaikan dengan tingkat kerumitannya, maksimal satu bulan sudah bisa diselesaikan,” lanjutnya.

Harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau, untuk ukuran dompet dijual mulai Rp 100 ribu, sedangkan untuk tas maksimal Rp 1,5 juta. “Sedangkan untuk cover bag handle atau penutup pegangan tas mulai Rp 150 ribu. Produk ini tengah digemari konsumen, jadi misalnya mereka memiliki tas kesayangan, namun bagian pegangan sudah rusak atau mengelupas kulitnya bisa ditutup menggunakan cover handle ini,” tandasnya.

Soal desain, dirinya mengaku banyak melihat tren yang saat ini tengah digemari. Termasuk dari internet dan televisi. Demikian juga dengan warna-warna yang dipilih dengan memadukan beragam warna seperti motif zigzag, delima zigzag, polos, rainbow, rasta dan perpaduan dua motif. “Trend bentuk dan motif selalu berkembang, namun kita berusaha untuk menghadirkan produk yang tidak lekang oleh waktu sehingga bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, menurutnya menggunakan produk rajutan menjadi sebuah kepuasan. Ini tidak lepas dari proses pembuatannya yang cukup lama dan dibuat dengan tangan. “Berbagai hasil produk rajutan ini juga dibuat dengan tingkat kerumitan dan ketelatenan yang luar biasa, sehingga bisa dikatakan, ada banyak cinta dalam setiap rajutannya. Kesan eksklusif pun tercipta di sana,” tambah Enny.

Seiring perkembangan dunia digital, pihaknya juga menggunakan media sosial untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Konsumen pun bisa melihat berbagai produk terbaru melalui akun instagram @kawoengradjut_store. “Selain itu juga bisa datang ke rumah sekaligus ruang pameran di Taman Puri I B1 No 9 Puri Perdana Banyumanik Semarang,” pungkasnya.***

About simpang5

Check Also

aluna home spa

Aluna Home Spa

Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan tubuh agar terlihat lebih indah dan menyehatkan, Aluna Home …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *